.

Trik Menghemat Baterai Kamera DSLR

Komentar
Trik Menghemat Baterai Kamera DSLR

Perkembangan teknologi kamera DSLR semakin lama semakin Maju baik dari fitur kamera, LCD screen,
auto focus maupun flash. Sayangnya dari perkembangan ini baterai tidak mencakup kekuatanny dalam mendasari teknologi ini. Fitur kamera DSLR dan asesorisnya pun justru semakin cepat menghabiskan daya baterai.

Pertama yang harus kita lakukan adalah :

Aktifkan Fitur : Auto Power Off
Trik yang paling utama adalah mengaktifkan 'Auto power off'. Fitur ini secara otomatis akan menempatkan kamera di posisi standby ketika tidak dipergunakan (bisa selama satu menit hingga 30 menit), tergantung pengaturan. Kamera DSLR dapat On kembali dengan segera setelah Anda menekan 'setengah' tombol rana.


Kurangi Penggunaan Layar LCD
Layar LCD adalah salah satu fasilitas kamera yang memakan daya baterai cukup besar. Untungnya DSLR memiliki jendela bidik optik yang bisa digunakan untuk memotret. Ada baiknya Anda tidak perlu menyalakan fitur live view di saat  indikator baterai di kamera sudah mulai lemah atau berkurang.







Pilih Manual Fokus
Manual fokus lebih menghemat baterai ketimbang auto fokus. Maka dari itu sebelum membidik objek yang diinginkan, segera matikan fitur auto fokus dan gunakan manual fokus. Pada kebanyakan kamera DSLR, konversi ini dapat dilakukan melalui tuas yang tersedia pada lensa (pilihan AF/MF). Fungsi auto fokus dapat memakan daya baterai karena ketepatan fokusnya ditentukan oleh sebuah alat elektronik dan motor.



Kurangi Penggunaan Flash
Flash menggunakan daya baterai yang cukup banyak dalam penggunaannya. Daya baterai akan berulang kali diserap untuk mengisi ulang flash. Jadi, gunakan flash jika memang kondisi pencahayaan lokasi pemotretan sangat kurang.
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

0 comments:

Post a Comment

http://www.laptopkalimantan.com - copy right power of : www.laroslaptop.com. Powered by Blogger.

Popular Posts